Takut Kepada Allah Dapat Mendatangkan Ampunan-Nya

“Musa bin Isma‘il bercerita kepada kami, Abu ‘Awanah bercerita kepada kami, Abdul Malik bercerita kepada kami dari Rib‘iy bin Hirasy, ia berkata, ‘Uqbah bin ‘Amr berkata kepada Hudzaifah, “Sudikah kiranya kau bercerita kepada kami sesuatu yang kau dengar dari Rasulullah saw.?” Ia menjawab, “Sesungguhnya saya mendengar dia bersabda, ‘Sesungguhnya saat Dajjal keluar dengan membawa air dan api, maka api yang dilihat oleh insan hakikatnya yaitu air yang dingin, sedangkan air yang dilihat oleh manusia, hakikatnya yaitu api yang membakar. Maka barang siapa di antara kalian menjumpai hal demikian, maka hendaklah ia menempatkan diri (memilih) api, alasannya sesungguhnya ia yaitu air tawar yang dingin.’ Hudzaifah berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Sesungguhnya ada seorang pria sebelum kau didatangi oleh malaikat untuk mencabut ruhnya; kemudian ditanyakan kepadanya, ‘Apakah kau berbuat kebaikan?’ Ia menjawab, ‘Aku tidak tahu.’ Dikatakan kepadanya, ‘Lihatlah.’ Ia berkata, ‘Aku tidak tahu apa pun, hanya saja saya pernah berbai‘at kepada insan semasa di dunia, saya membalas mereka dan memberi tangguh kepada orang kaya serta membebaskan orang yang kesulitan.’ Lalu Allah memasukkannya ke surga.’” Hudzaifah berkata, “Aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Sesungguhnya ada seorang pria yang hampir meninggal dunia, tatkala ia telah merasa frustasi terhadap hidupnya, ia berpesan kepada keluarganya, ‘Apabila saya mati, maka kumpulkanlah kayu bakar yang banyak dan nyalakanlah api padanya, sehingga apabila api itu telah mengkremasi daging dan tulangku, maka ambillah (sisa bakaran tersebut) dan tumbuklah. Kemudian carilah hari yang berangin kencang dan taburkanlah (tumbukan tulangku) ke sungai.’ Keluarganya pun melaksanakan (wasiat)nya, kemudian Allah menghimpunnya dan bertanya kepadanya, ‘Kenapa kau berbuat demikian?’ Ia menjawab, ‘Karena takut kepada-Mu.’ Maka Allah mengampuninya. Uqbah bin Amr berkata, ‘Aku mendengar dia bersabda demikian dan orang tersebut merupakan tukang gali kubur.’” (Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Shahihnya, Kitab Bad'ul-Khalqi, Bab Sesuatu yang Disebutkan Tentang Bani Israil, Jilid IV halaman 169)

PENJELASAN HADIS 

Yang dimaksud Musa bin Isma‘il sebagaimana dalam hadis yaitu Al-Minqari. Abu ‘Awanah yaitu Al-Wadhdhah bin Abdullah Al-Yasykari. Abdul Malik yaitu Ibnu Umair Al-Kufi. Rib‘iy yaitu Ibnu Hirasy Al-Ghatafani. Uqbah bin ‘Amr Al-Anshari yang populer dengan nama Al-Badri dan Hudzaifah yaitu Ibnul Yaman.

“Sesungguhnya saat Dajjal keluar dengan membawa air dan api...” Imam Muslim dari Abu Hurairah menyebutkan dengan redaksi yang berbeda, yaitu:

 “Sesungguhnya Dajjal tiba dengan membawa sesuatu ibarat nirwana dan neraka. Apa yang dikatakan olehnya surga, itulah neraka.”

Hadis ini memperlihatkan adanya fitnah Dajjal yang diberikan oleh Allah untuk menguji para hamba-Nya, kemudian Allah membukakan keburukan dan menampakkan kelemahannya. Menurut Imam Nawawi, hadis-hadis yang berkenaan dengan Dajjal yaitu shahih. Hal tersebut sanggup diketahui dari seringnya Nabi saw. memohon kontribusi kepada Allah dari fitnah Dajjal. Menurut beliau, kita tidak diperkenankan mengingkarinya, hanya saja keberadaan Dajjal merupakan sesuatu yang ghaib, yang wajib kita percayai dan kita serahkan pengetahuan dan waktunya kepada Allah Ta‘ala.

“...taburkanlah...” Maksudnya terbangkanlah di angin sehingga berhamburan. “Keluarganya pun melaksanakan...” Yakni anakanaknya melaksanakan wasiat (pesan) ayah mereka. “...lalu Allah menghimpunnya...” Yakni Allah menghimpun atom-atomnya dan menghidupkannya kembali. “...kenapa kau berbuat demikian...?” Yang dimaksud adalah, mengapa kau berwasiat kepada anakmu untuk mengkremasi jasadmu dan menyuruh mereka menaburkannya ke udara. “...karena takut kepada-Mu...” Ini yaitu balasan orang tersebut saat ditanya oleh Allah, kemudian Allah pun mengampuninya. “...orang tersebut merupakan tukang gali kubur...” Selain itu, orang tersebut juga tidak mempunyai amal yang baik, profesinya hanya sebagai penggali kubur dan pencuri kain kafan mayat. Dari segi lahiriah, hadis ini merupakan perkataan Uqbah. Akan tetapi, Ibnu Hibban meriwayatkan melalui sanad Rib‘iy dari Hudzaifah:

 “Seorang pria penggali kubur (untuk mencuri kain kafan) meninggal, kemudian ia berkata kepada anaknya, ‘Bakarlah aku.’” Demikian klarifikasi Imam Nawawi yang diambil dari kitab Qasthalani.

“Abul Walid bercerita kepada kami, Abu ‘Awanah bercerita kepada kami dari ‘Uqbah bin Abdul Ghafir dari Abu Sa‘id Al-Khudri ra. dari Nabi saw. sebetulnya seorang yang sebelummu diberi kenikmatan harta oleh Allah. Ketika ia akan meninggal, ia berkata kepada anak-anaknya, “Menurut kalian, saya ini ayah macam apa?” Mereka menjawab, “Ayah yang terbaik.” Ia berkata, “Sesungguhnya saya tidak pernah berbuat baik, apabila saya meninggal, maka bakarlah aku, kemudian hancur luluhkan dan taburkanlah (jasadku) pada hari yang berangin kencang.” Anak-anaknya pun melaksanakan (wasiat) nya. Lalu Allah Azza wa Jalla menghimpunnya dan berfirman, “Apa yang mendorongmu melaksanakan hal demikian?” Ia menjawab, “Takut kepada-Mu.” Maka Allah memperlihatkan rahmat-Nya.” (Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Kitab Bad'ul Khalqi, Jilid IV halaman 176)

“ Musaddad bercerita kepada kami, Abu Awanah bercerita kepada kami dari Abdul Malik bin Umair dari Rib‘iy bin Hirasy, ia berkata, Uqbah bin Amr Al-Anshari berkata kepada Hudzaifah, “Sudikah kiranya kau bercerita kepada kami sesuatu yang kau dengar dari Nabi saw.?” Ia menjawab, “Aku mendengar dia bersabda, “Sesungguhnya ada orang yang hampir mati, saat ia telah merasa frustasi dari hidup ia berpesan kepada keluarganya, “Apabila saya mati, maka kumpulkanlah kayu yang banyak untukku. Kemudian nyalakanlah api, sehingga apabila api itu telah mengkremasi daging hingga ke tulangku, maka ambil dan tumbuklah jasadku kemudian tebarkanlah ke maritim pada hari yang panas atau hari yang berangin. Lalu Allah menghimpunnya dan berfirman, “Kenapa kau melaksanakan demikian?” Ia menjawab, “Karena takut kepada-Mu.” Maka Allah mengampuninya.” (HR. Bukhari)

“Abdullah bin Muhammad bercerita kepada kami, Hisyam bercerita kepada kami, Ma‘mar memberitakan kepada kami dari Az-Zuhri dari Humaid bin Abdur Rahman dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw., dia bersabda, “Ada seseorang yang bertindak keterlaluan terhadap dirinya.” Ketika hampir mati, ia berkata kepada anak-anaknya, “Jika saya mati bakarlah aku, remukkanlah (jasad)ku kemudian taburkanlah di angin. Demi Allah, jikalau Tuhanku berkehendak terhadapku, pasti Dia akan menyiksaku dengan siksaan yang belum pernah ditimpakan kepada siapa pun.” Ketika ia meninggal, wasiatnya pun dilaksanakan. Kemudian Allah memerintahkan bumi dan berfirman, “Kumpulkanlah apa yang ada padamu.” Bumi pun melaksanakan perintah Allah. Tiba-tiba orang tersebut sanggup berdiri (setelah dihidupkan lagi) kemudian Allah berfirman, “Apakah yang mendorongmu berbuat demikian?” Ia menjawab, “Wahai Tuhanku, yang mendorong yaitu ketakutanku kepada-Mu.” Lalu Allah pun mengampuninya.” Dalam sanad lain (selain Abu Hurairah) disebutkan, “Takut kepada-Mu wahai Tuhanku.” (HR. Bukhari)

“Isma‘il bercerita kepada kami, Malik bercerita kepada kami dari Abu Zinad dari Al-A‘raj dari Abu Hurairah ra. sebetulnya Rasulullah saw. bersabda, “Seorang pria yang tidak pernah berbuat kebaikan berkata, ‘Apabila ia meninggal, maka bakarlah ia dan tebarkanlah separo (jasad)nya di daratan dan separonya di lautan, maka demi Allah jikalau Allah berkehendak atasnya, pasti Dia pasti akan menyiksanya dengan siksaan yang belum pernah ditimpakan kepada seseorang pun di dunia. Kemudian Allah memerintahkan lautan dan daratan untuk mengumpulkan apa yang ada di dalamnya. Kemudian Allah berfirman, ‘Kenapa kau berbuat (demikian)?’ Ia menjawab, ‘Karena takut kepada-Mu sedang Engkau lebih mengetahui.’ Maka Allah pun mengampuninya.” (Dikutip dari Shahih Bukhari, Bab Mereka Berkehendak untuk Mengganti Firman Allah, Jilid IX halaman 145)

“Abdullah bin Abul Aswad bercerita kepada kami, Mu‘tamir bercerita kepada kami, ia berkata, saya mendengar Abu Sulaiman At-Taimi, Qatadah bercerita kepada kami dari Uqbah bin Abdul Ghafir dari Abu Sa‘id ra. dari Nabi saw. sebetulnya dia menuturkan seorang pria di masa lampau atau orang yang sebelummu menyampaikan suatu perkataan, yakni ia diberi anak dan harta benda oleh Allah. Ketika kematiannya hampir tiba, ia berkata kepada anak-anaknya, “Menurut kalian, saya ini ayah macam apa?” Mereka menjawab, “Sebaik-baik ayah.” (Orang/ayah yang disebut sesungguhnya tidak mempunyai amal kebaikan di sisi Allah, sehingga jikalau Allah berkehendak atasnya, pasti Allah akan menyiksanya). Ia berkata, “Perhatikanlah oleh kalian, jikalau saya mati bakarlah aku, sehingga saat saya telah menjadi arang (abu) lumatkanlah atau hancurkanlah aku, dan taburkanlah (jasad)ku pada hari yang berangin kencang.” Nabi saw. bersabda, “Ia mengambil perjanjian mereka atas yang demikian itu. Demi Tuhanku, mereka melaksanakan wasiatnya dan menaburkan (jasad ayahnya) pada hari yang berangin kencang. Kemudian Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘Jadilah’ tiba-tiba ia berdiri, kemudian Allah berfirman, ‘Hai hamba-Ku apa yang mendorongmu melaksanakan apa yang telah kau lakukan itu?’ Ia menjawab, ‘Takut kepada-Mu atau takut berpisah dari-Mu.’” Beliau bersabda pula, “Ketika Tuhan bertemu dengannya, Dia memperlihatkan rahmat.” Beliau bersabda pula, “Dia tidak menjumpainya selain dengan rahmat.” (HR. Bukhari)

“Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw., dia bersabda, “Seorang pria bertindak melebihi batas terhadap nya. Ketika hampir meninggal, ia berpesan kepada anak-anaknya, “Jika saya mati, maka bakarlah saya kemudian lumatkanlah aku, sehabis itu taburkanlah saya di lautan. Demi Allah, jikalau Tuhan berkehendak atasku, pasti Dia menyiksaku dengan siksaan yang belum pernah ditimpakan kepada seorang pun.” Anak-anaknya pun melaksanakan (wasiat ayahnya). Allah berfirman kepada bumi, “Tunaikanlah apa yang kau ambil.” Tiba-tiba pria itu berdiri (hidup lagi). Allah berfirman kepadanya, “Apa yang mendorongmu berbuat demikian?” Ia menjawab, “Takut atau ketakutan kepada-Mu wahai Tuhanku.” Maka Allah mengampuninya alasannya (alasan) itu. (Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya, Hamisy Qasthalani, Jilid X halaman 184)

“Dari Abu Hurairah ra., ia berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Seseorang bertindak melebihi batas terhadap dirinya, hingga saat kematiannya hampir tiba ia berkata kepada keluarganya, ‘Apabila saya telah mati, maka bakarlah saya kemudian taburkanlah (jasad)ku pada angin di lautan. Demi Allah, jikalau Allah berkehendak atas aku, pasti Dia menyiksaku dengan siksaan yang belum pernah ditimpakan kepada seorang pun dari makhluk-Nya.’” Beliau bersabda, “Maka keluarganya melaksanakannya. Allah Azza wa Jalla berfirman kepada setiap sesuatu yang telah mengambil haknya (bumi), ‘Tunaikanlah apa yang telah kau ambil.’ Tiba-tiba orang tersebut berdiri (hidup lagi). Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘Apa yang mendorongmu berbuat (berpesan) demikian?’ Ia menjawab, ‘Takut kepada-Mu.’ Maka Allah mengampuni-Nya.” (Diriwayatkan oleh Imam Nasa'i dalam Sunannya, Jilid IV halaman 112-113)

“Dari Hudzaifah Ibnul Yaman ra., dari Rasulullah saw., dia bersabda, “Zaman dulu, ada seorang pria yang berburuk sangka terhadap amalnya. Ketika kematiannya hampir tiba, ia berwasiat kepada keluarganya, “Jika saya mati, maka bakarlah aku, kemudian lumatkanlah saya dan tebarkanlah (jasad)ku di lautan. Jika Allah berkehendak atasku, pasti Dia tidak memberi ampun kepadaku.” Beliau bersabda, “Maka Allah Azza wa Jalla memerintahkan malaikat, kemudian malaikat menjumpai ruhnya. Allah berfirman kepadanya, “Apa yang mendorongmu melaksanakan demikian?” Ia menjawab, “Wahai Tuhanku, saya melakukannya hanya alasannya takut kepada-Mu.” Maka Allah mengampuninya. (Diriwayatkan oleh Imam Nasa'i dalamSunannya, Jilid IV halaman 112-113)

“Dari Abu Hurairah ra. dari Rasulullah saw., dia bersabda, “Seseorang yang bertindak melebihi batas terhadap dirinya, saat kematiannya hampir tiba ia berpesan kepada anak-anaknya, ‘Jika saya telah mati, bakarlah saya kemudian lumatkanlah saya dan tebarkanlah saya pada angin di lautan. Demi Allah jikalau Tuhanku berkehendak atasku, pasti Dia menyiksaku dengan siksaan yang belum pernah ditimpakan kepada seorang pun.” Beliau bersabda, “Anak-anaknya pun melaksanakan (wasiat)nya.” Allah berfirman kepada bumi, “Tunaikanlah apa yang telah kau pungut.” Tiba-tiba ia berdiri, kemudian Allah berfirman kepadanya, “Apa yang mendorongmu melaksanakan hal ini?” Ia menjawab, “Wahai Tuhanku, saya melaksanakan demikian alasannya takut kepada-Mu atau khawatir kepada-Mu.” Maka Allah pun mengampuninya. (Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam Sunannya, Jilid II halaman 292-293)



PENJELASAN HADIS

Lafal ” رَغَسَهُ “ sebagaimana yang terdapat dalam hadis bermakna ” اَعْطَاهُ “ yang berarti memberinya. Sedangkan lafal “Lam Yabta’ir” dalam redaksi lain disebutkan dengan lafal “Lam Yabta’iz”. Imam Bukhari menyebutkan dua versi dikarenakan terdapat keraguan dalam periwayatannya. Dalam riwayat lain, disebutkan pula dengan lafal “Lam Yabta’ir” yang berarti tidak mempunyai kebaikan di sisi Allah. Yang dimaksud yaitu, bukannya tidak mempunyai kebaikan sama sekali, akantetapi orang tersebut masih mempunyai kebaikan dalam segi tauhid, oleh alasannya itu Allah mengampuninya. Seandainya orang tersebut tidak mempunyai tauhid, pasti ia pasti akan disiksa dan tidak diampuni oleh Allah.

“Jika Allah berkehendak atasku...” Yang dimaksud adalah, jikalau Allah menyempitkanku, sebagaimana firman Allah:

 “Dan orang yang terbatas rezekinya.” (QS. Aṭ-Ṭalāq/65: 7)

Seperti firman Allah dalam mengisahkan Nabi Yunus as., yakni ia menduga bahwa Allah tidak akan menyempitkannya. Hal tersebut bukan berarti mereka ragu terhadap kekuasaan Allah yang sanggup menghidupkan mereka kembali dan mereka tidak pula ingkar terhadap hari kebangkitan, alasannya jikalau mereka ingkar terhadap hal-hal tersebut, berarti mereka tidak yakin dan tidak percaya kepada Allah. Padahal keimanannya telah nyata, ini terbukti dari hal-hal yang dilakukan oleh mereka ibarat meminta jago waris mengkremasi jasad mereka, hal tersebut dilakukannya alasannya takut kepada Allah Ta‘ala.

Menurut Imam Nawawi, mereka melaksanakan demikian dalam keadaan terkejut dan takut kepada Allah, sehingga apa yang diwasiatkannya tidak dipikir terlebih dahulu. Wasiat tersebut tak ubahnya ibarat wasiat yang dilakukan oleh orang yang lupa ingatan, yang mana ucapannya tidak dikenai pertanggungjawaban dan pada hakekatnya mereka tidak mengucapkan hal tersebut dengan sengaja.

“Sehingga apabila saya telah menjadi arang, maka lumatkanlah aku, apabila ada hari yang berangin kencang, maka taburkanlah saya padanya, kemudian ia minta kesanggupan anak-anaknya untuk melaksanakan yang demikian. Demi Tuhanku.” (Ini sumpah Nabi saw. yang memberitahukan hadis ini). “Fa ma talafahu an rahimahu ‘indaha”. Pengarang Al-Kawakib berkata: Mā yaitu maushul artinya yang ditemui yaitu rahmat. Atau Mā nafi yang istitsnanya dihilangkan. Artinya, Allah tidak menjumpainya kecuali dengan rahmat-Nya. Ini dikuatkan oleh sabda beliau:

 “Dia tidak menjumpainya kecuali dengan rahmat dan ampunan-Nya.” (Penjelasan dikutip dari Syarah Qasthalani, Jilid II. Hal 439). 

Adapun hadis yang berkenaan dengan seorang pria yang tidak berinfak baik, kemudian berpesan kepada anak-anaknya supaya mengkremasi dan menaburkan jasadnya di lautan dan daratan dengan berkata, “Demi Allah, jikalau Tuhanku berkehendak atasku, pasti Dia menyiksaku dengan siksaan yang belum pernah ditimpakan kepada seorang pun.” Kemudian Allah berfirman, “Mengapa engkau berbuat demikian?” Ia menjawab, “Karena takut kepada-Mu wahai Tuhanku, sedang Engkau Maha Mengetahui.” Maka Allah mengampuninya.

Menurut Imam Nawawi, para ulama berbeda pendapat mengenai pemaknaan hadis di atas, di antaranya yaitu:

a.) Ulama pertama berpendapat, tidak diperkenankan menghukumi orang sebagaimana terdapat di dalam hadis sebagai orang yang ingkar terhadap kekuasaan Allah, alasannya orang yang mencurigai terhadap kekuasaan Allah yaitu kafir. Sedangkan orang tersebut melaksanakan hal itu (menyuruh anaknya supaya mengkremasi dirinya) alasannya takut kepada Allah Ta‘ala, padahal orang kafir itu terang tidak takut kepada Allah dan tidak diberi ampunan. Berdasarkan hal ini, mereka memaknai hadis di atas dengan dua takwil.

1.) Lafal “La’in qadar ‘alayyal ‘adzab” dibaca dengan dua versi, yaitu “qadara” (tanpa tasydid) dan “qaddara” (dengan tasydid) yang berarti “am qadlahu” (jika Allah memutuskan/menakdirkannya).

2.) Kata “qadar” bermakna “dlayyaqa ‘alayya” yang berarti sempit atasku. Hal ini sebagaimana firman Allah: “Lalu membatasi rezekinya.” (QS. Al-Fajr/89: 16) Yang merupakan salah satu tafsir dari firman Allah: “Lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya.” (QS. Al-Anbiyā'/21: 87)

b.) Kelompok ulama yang kedua berpendapat, hadis sebagaimana di atas sanggup diartikan secara lahiriah. Hanya saja berdasarkan mereka, orang yang berwasiat sebagaimana dalam hadis tidak menyadari terhadap apa yang diwasiatkan dan tidak pula bermaksud mencurigai kekuasaan Allah. Hal ini terjadi alasannya dalam keadaan yang sangat terkejut, takut dan sangat menyesal, dimana ia kehilangan kesadaran terhadap apa yang diucapkannya, sehingga ia menjadi ibarat orang yang lengah dan lupa yang mana keadaan semacam itu sanggup menghindarkannya dari segala tuntutan. Hal semacam ini tak ubahnya ibarat perkataan orang yang sangat bangga alasannya menemukan kendaraannya (yang hilang):

“Kamu hambaku dan saya pemilikmu.”

Dalam perkara ini, seseorang tidak dihukumi kafir alasannya ia mengucapkannya dalam keadaan terkejut dan lupa. Dalam riwayat selain Muslim, disebutkan dengan redaksi:

“Barangkali saya menyesatkan Allah.”

Maksudnya barangkali saya sanggup bersembunyi dari Allah. Hadis di atas menunjukkan, bahwa kata:

 “Jika Allah kuasa atasku.”

Dapat diartikan secara lahiriah.

Ada lagi yang berpendapat, bahwa kata-kata yang terdapat dalam hadis sebagaimana di atas merupakan suatu majaz (kiasan) yang berdasarkan orang Arab mereka sebut dengan: “Majzu asy-syakki bil yaqin” (mencampurkan keraguan terhadap hal yang yakin), sebagaimana firman Allah:

 “Dan sesungguhnya kami atau kau (orang-orang musyrik), pasti berada dalam kebenaran atau dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Saba'/34: 24)

Secara tekstual, ayat di atas memperlihatkan adanya keraguan, akan tetapi, yang dimaksud yaitu suatu keyakinan.

Ulama lain berpendapat, orang sebagaimana terdapat dalam hadis yaitu orang yang tidak mengetahui sifat-sifat Allah. Dalam hal ini, para ulama berbeda pendapat mengenai aturan kafirnya orang yang tidak mengetahui sifat-sifat Allah. Menurut Al-Qadhi, di antara ulama yang menganggap kafirnya orang yang tidak mengetahui sifat-sifat wajib Allah yaitu Ibnu Djarir Ath-Thabari, sebagaimana yang pernah dikemukakan oleh Abul Hasan Al-Asy‘ari.

Ada lagi yang berpendapat, bahwa orang yang tidak mengetahui sifat-sifat Allah tidak dihukumi kafir dan tidak pula keluar dari koridor iman. Hal demikian tentunya berbeda dengan orang yang tidak mengetahui sifat-sifat Allah, alasannya memang sengaja menentangnya  (tidak mengakui sifat-sifat Allah). Inilah argumentasi yang dikemukakan oleh Abul Hasan Al-Asy‘ari. Berdasarkan hal ini, maka orang sebagaimana dalam hadis tidak dihukumi kafir, alasannya ia tidak meyakini dan memastikan kebenaran dari apa yang diucapkannya. Mereka berpendapat, seandainya orang-orang ditanya perihal sifatsifat Allah pasti orang yang mengetahuinya hanya sedikit.

Ada juga yang berpendapat, bahwa orang sebagaimana yang tersebut dalam hadis hidup pada masa fatroh (tidak ada utusan Allah), sehingga bertauhid saja sudah dianggap cukup. Di sisi lain, terdapat pendapat shahih yang menyatakan tidak adanya taklif (pembebanan hukum) sebelum datangnya syariat. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta‘ala:

 “Tetapi Kami tidak akan menyiksa sebelum Kami mengutus seorang rasul.” (QS. Al-Isrā'/17: 15)

Sedangkan sebagian ulama lagi ada yang menyatakan bahwa, syariat yang berlaku pada masa itu mengandung kemungkinan diampuninya dosa orang-orang kafir, yang mana hal tersebut tentunya berbeda dengan syariat kita. Menurut ulama jago sunnah, kemungkinan sebagaimana di atas yaitu kemungkinan yang berdasarkan pada argumentasi akliyah (akal). Adapun pengertian yang berlaku dalam syariat kita yaitu sebagaimana firman Allah Ta‘ala:

 “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) alasannya mempersekutukan-Nya (syirik).” (QS. An-Nisā'/4: 48)

Selain ayat di atas juga terdapat dalil-dalil yang lain. 

Ada lagi yang menyatakan bahwa, orang sebagaimana terdapat dalam hadis melaksanakan wasiat kepada anaknya supaya mengkremasi jasadnya sebagai suatu penghinaan dan eksekusi atas dirinya. Hal tersebut dikarenakan, mereka merasa telah berbuat maksiat (selama hidup di dunia) dengan keinginan melalui apa yang mereka lakukan tersebut, Allah akan memperlihatkan rahmat-Nya, sedangkan ia tahu bahwa hal itu tidak diperbolehkan dalam syariat Islam.

Penjelasan Tambahan

Selain dari hadis yang telah dikemukakan di atas, Imam Muslim dalam Shahihnya juga menyebutkan hadis lain yaitu hadis perihal seorang perempuan yang mengekang kucing. Kemudian dinukil dari Az-Zuhri sebagai komentar dari dua hadis itu dengan perkataannya, “Yang demikian itu, supaya seseorang tidak hanya bersandar pada suatu keinginan dan tidak pula frustasi dari suatu harapan.”

Adapun hadis yang dimaksud yaitu sebagai berikut:

“Muhammad bin Rafi‘ dan Abd bin Humaid bercerita kepada kami, Abd berkata, kami diceritai, dan Ibnu Rafi‘ berkata berdasarkan lafalnya, Abdur Razzaq bercerita kepada kami, Ma‘mar bercerita kepada kami, Az-Zuhri berkata kepadaku, “Maukah kamu, saya ceritakan dua hadis yang mengherankan?” Az-Zuhri berkata, “Humaid bin Abdur Rahman bercerita kepadaku dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw., dia bersabda, ‘Seseorang bertindak keterlaluan terhadap dirinya. Ketika kematiannya hampir tiba, ia berwasiat kepada anakanaknya. Ia berkata, ‘Apabila saya mati, maka bakarlah aku, kemudian lumatkanlah dan taburkanlah (jasad)ku di angin. Demi Allah, jikalau Tuhanku berkehendak terhadapku, pasti Dia menyiksaku dengan siksaan yang belum pernah ditimpakan kepada salah seorang pun.’ Beliau bersabda, ‘Maka anak-anaknya pun melaksanakan apa yang diwasiatkannya.’ Allah berfirman kepada bumi, ‘Tunaikanlah apa yang kau perbuat.’ Tiba-tiba ia berdiri, Allah berfirman kepadanya, “Apa yang mendorongmu melaksanakan hal itu?” Ia menjawab, ‘Takut kepada-Mu wahai Tuhanku.’ Atau ia berkata, ‘Takut kepada-Mu.’ Maka Allah pun mengampuninya. Az-Zuhri berkata, “Dan Humaid bercerita kepadaku dari Abu Hurairah ra. dari Rasulullah saw., dia bersabda, “Seorang perempuan masuk neraka alasannya kucing yang diikatnya, ia tidak memberi makan dan tidak pula membiarkannya lepas mencari makan dari serangga-serangga bumi, sehingga (akhirnya) kucing itu mati.” (HR. Muslim)

Menurut Az-Zuhri, yang demikian itu supaya seseorang tidak menggantungkan diri terhadap sesuatu yakni supaya ia sanggup mengambil pelajaran dari dua kejadian tersebut, seperti; takut terhadap apa yang dilakukan oleh perempuan terhadap kucing dan supaya ia tidak berputus asa, akan tetapi, senantiasa mengharapkan ampunan Allah dan takut kepada-Nya sebagaimana yang dilakukan oleh pria yang terdapat dalam hadis. Wallāhu a‘lam (Demikianlah klarifikasi Imam Nawawi dalam Shahih Muslim, Jilid X halaman 182 dari Hamisy Qasthalani)


Sumber : Buku “Kumpulan Hadits Qudsi”

Comments

Popular posts from this blog

16+ Contigo 24 Oz Coffee Mug Background

Get Philz Coffee Logo Transparent Pics

61+ Yeti Coffee Mug 24 Oz Gif