Wiridan (Dzikir) Harian Imam Al-Ghazali

Diantara kewajiban seorang muslim ialah mengingat dan menempatkan Allah swt.  sebagai sandaran hidupnya. Manusia sanggup mengingat Allah swt di mana saja dan kapan saja selama ia masih berada di atas bumi-Nya. Banyak sekali verbal insan dalam mengingat Allah, menangis, berdiam diri, menyanyi, menari, dan berkata-kata.

Sebagaimana difirmankan dalam al-Baqarah ayat 152: “Ingatlah kepada-Ku pasti Aku ingat kepadamu.”

Dalam konteks ini seorang muslimim tidak pernah lepas dari tiga hal yaitu doa (permintaan kepada Allah), zikir yaitu segala gerak-gerik dan acara yang berobsesi taqarrub kepada Allah. Termasuk juga zikir ialah me lafadzkan kata-kata tertentu. Dan wirid (bacaan tertentu untuk mendapat “aliran” dari Allah).



Yang dimaksud dengan fatwa disini ialah fatwa rahmat Allah swt. yang hingga pada seorang muslim dalam banyak sekali bentuknya. Sehingga rahmat itu akan menuntunnya menghindar dari persoalan yang akut. Baik persoalan bersifat dunia maupun akhirat. Imam Ghazali pernah berkata bahwa diantara hal yang medorong keberhasilanku meraih kebahagiaan dan terlepas dari kesusahan ialah bacaan wirid sebagai berikut:

Hari Jum’at : يا الله
Hari Sabtu : لا اله إلا الله 
Hari Ahad : يا حي يا قيوم 
Hari Senin : لاحول ولاقوة إلا بالله العلي العظيم 
Hari Selasa : اللهم صل على سيدنا محمد وعلى أله صحبه وسلم
Hari Rabu : استغفر الله العظيم
Hari Kamis : سبحان الله العظيم وبحمده

Itulah wiridan Imam Ghazali yang dibaca sesuai ketentuan harinya. Masing-masing dibaca sebanyak seribu kali. Hal yang harus diperhatikan di sini ialah penentuan hitungan hari. Misalkan hari Jum’at dihitung dari waktu shalat Ashar pada hari Kamis hingga waktu Ashar hari Jum’at. Karena itu pada malam Jum’at (Kamis malam) hingga siang hari Jum’at  bacaannya ialah ya Allah 1000x. Dan demikian seterusnya. 


Sumber: Situs PCNU Kendal

Comments

Popular posts from this blog

16+ Contigo 24 Oz Coffee Mug Background

Get Philz Coffee Logo Transparent Pics

61+ Yeti Coffee Mug 24 Oz Gif