Fenomena Dibalik Banyak Munculnya Ulama Instan

Pada zaman kini ini sudah nampak fenomena banyak umat yang mengalami kebingungan dalam memahami dan meyakini pemahaman agama.

Hal ini dikarenakan banyaknya pemikiran dan pendapat muncul dari orang yang bukan mahir agama namun merasa sudah menguasai ilmu agama. Orang-orang menyerupai ini cerdik berbicara dan memberi keyakinan serta berpenampilan menyerupai para ulama yang alim.

Fenomena Ulama instan menyerupai ini sudah diingatkan oleh Imam Ghazali dalam Kitab Bidayatul Hidayah dengan Istilah Ulama Su'.

Dalam Kitab tersebut dijelaskan bahwa Ulama Su' termasuk Ulama yang merusak alasannya ialah mempunyai niatan memanfaatkan ilmu yang dimilikinya untuk memperkaya diri dengan materi, menyombongkan diri, membanggakan diri dan memperbanyak pengikut setia.

Ulama menyerupai ini sebetulnya tertipu oleh syaitan dengan bisikan merasa paling baik dan benar. Inilah cara syaitan zaman kini yang menyesatkan insan dengan amal ibadah yang seolah baik namun sebetulnya itu ialah perangkap syaitan untuk menjerumuskan manusia.



Rasulullah menyabdakan bahwa Ulama menyerupai ini ialah salah satu yang dikhawatirkannya disamping Dajjal tamat zaman. Kalau Dajjal itu hanya menyesatkan manusia. Tapi Ulama Su' lebih dari itu yaitu menipu dengan seruan biar tidak terlalu cinta kepada dunia namun sebetulnya Ia sendiri yang mempunyai niatan keduniawian.

Ulama Su' dalam Kitab Bidayatul Hidayah disebutkan sebagai orang yang munafik yaitu cerdik dan banyak berkata namun udik dalam amal dan hatinya. Mari kita berhati-hati dalam menentukan ulama yang akan dijadikan panutan. Ilmu ulama yang nrimo akan benar-benar terpancar walaupun tidak mempromosikan diri sebagi seorang ulama.


Sumber: Situs PBNU

Comments

Popular posts from this blog

16+ Contigo 24 Oz Coffee Mug Background

Get Philz Coffee Logo Transparent Pics

61+ Yeti Coffee Mug 24 Oz Gif